IPB Cirebon Harus Punya Inkubator Bisnis

IPB Cirebon Harus Punya Inkubator Bisnis

CIREBON- Setiap mata kuliah Institut Pendidikan dan Bahasa (IPB) Invada Cirebon disisipi materi technopreneurship. Yaitu untuk menunjang lulusan yang mampu menciptakan peluang bisnis di masa depan. Mahasiswa dirangsang untuk bisa berargumentasi dengan keilmuan yang dimiliki.

“Di dalam setiap mata kuliah IPB Cirebon, harus diterapkan technopreneurship. Mahasiswa kita ini jangan sampai orientasinya hanya untuk bekerja,” tutur Rektor IPB Invada Cirebon Dr Mahfud MSi MKom kemarin (21/3).

Rektor menekankan sistem pembelajaran di kelas tidak hanya dilakukan secara monolog. Mahasiswa dirangsang untuk bisa berargumentasi dengan keilmuannya. Dosen di kelas hanya sebagai fasilitator. Jiwa entrepreneur, katanya, sebenarnya sudah dimiliki oleh setiap orang. Tak kecuali mahasiswa dan dosen.

“Terbukti kan kita ini bisa tawar-menawar. Itu bukti bahwa kita selalu ada keinginan untuk berbisnis. Hanya butuh keberanian. Di lembaga kita juga harus diterapkan inkubator-inkubator bisnis. Setiap prodi di IPB Invada Cirebon harus punya inkubator bisnis,” ungkap Mahfud.

BACA JUGA:

Sehingga mahasiswa akan terbiasa untuk memulai bisnis. Menggairahkan inkubator-inkubator bisnis yang dikembangkan prodi melalui mahasiswa. Jika sudah terbiasa, imbuh Mahfud, ketika lulus mahasiswa akan berkembang.

“Ini semua butuh kerjasama semua pihak. Bukan saja mahasiswa, tapi dosen. Tantangan bagi dosen, mungkin budaya/sistem lama yang masih melakat. Untuk merubah itu butuh waktu, harus ada pengembangan. Apakah melalui pelatihan bagi dosen, atau lain lain,” ucap Mahfud.

Ya, sebelumnya Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing (STIBA) dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Invada Cirebon merger/alih status menjadi Institut Pendidikan dan Bahasa (IPB) Invada Cirebon berdasarkan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 540/E/O/2021 per 8 Desember 2021.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: